Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab Kelas III MI Darul Huda Pacitan


Date Published : 31 December 2022

Contributors

Galuh Rihanita

Author

Rika Khoiru Nisa

Author

Rizki Alifia Putri

Author

Keywords

Aplikasi Nearpod Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab

Proceeding

Track

General Track

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 MI Darul Huda Pacitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-d. Model 4-d terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian dari penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab, diperoleh hasil validitas materi 90%, validitas bahasa 70% dan validitas desain 71,6% dalam kategori valid. Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas III MI Darul Huda Pacitan dinyatakan valid dengan kategori baik-sangat baik dan praktis.

References

No References

How to Cite

Galuh Rihanita, Rika Khoiru Nisa, & Rizki Alifia Putri. (2022). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab Kelas III MI Darul Huda Pacitan. Arabic Education Conference, 2(1), 1-12. https://conferences.uinsaid.ac.id/aec/paper/view/70