Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak-Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’hadul Muta’allimin Katerban


Date Published : 31 December 2022

Contributors

Arifia Diffa Kamila

Author

Shafira Azhara

Author

Atifa Rahayu

Author

Yunisa Kurniawati

Author

Keywords

Standar Proses Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah

Proceeding

Track

General Track

Abstract

Mempelajari Bahasa Arab sejak kecil akan membawa banyak manfaat di masa depan karena sangat penting dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya  umat islam wajib mengetahui huruf hijaiyah untuk membaca al-quran. Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa media yang digunakan, teknik, strategi yang digunakan dalam pembelajaran agar mencapai tujuan efektif serta visi misi yang jelas. Standar proses pembelajaran di MI ma’hadul muta’allimin Katerban meliputi 1) Perencanaan proses pembelajaran Bahasa Arab berupa Silabus dan RPP. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab. 3) Faktor Penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara ,observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: 1.) Silabus mata pelajaran bahasa arab di MI ma’hadul muta’allimin Katerban kurikulum yang digunakan saat ini  KTSP 2006 tidak terlalu banyak perubahan sehingga sampai saat ini tetap memakai KTSP 2006.  2) Pelaksanaan proses pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Ma’hadul Muta’allimin Agar dapat mencapai pembelajaran yang efektif  sesuai instruksional yang ingin dicapai, tugas guru bahasa adalah berusaha keras agar siswa menjadi mampu berbahasa dengan bahasa yang dipelajarinya 3) faktor penghambat Ada beberapa faktor penghambat selama pelaksanaan pembelajaran di antaranya, kurang aktifnya guru pengajar dalam menanyakan materi lalu sebelum memulai atau menambah materi baru.

 

References

No References

How to Cite

Arifia Diffa Kamila, Shafira Azhara, Atifa Rahayu, & Yunisa Kurniawati. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak-Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’hadul Muta’allimin Katerban . Arabic Education Conference, 2(1), 1-7. https://conferences.uinsaid.ac.id/aec/paper/view/65