GAMBARAN RESILIENSI SANTRI: STUDI TENTANG FAKTOR KETAHANAN TINGGAL DI PESANTREN


Date Published : 22 August 2025

Contributors

Islakhul Muttaqin

Author

Keywords

resilience islamic boarding school academic pressure social adaptation

Proceeding

Track

General Track

Abstract

Resiliensi memainkan peran penting dalam ketahanan psikologis santri di pondok pesantren. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberlanjutan dan ketahanan santri dalam menghadapi tantangan akademik, sosial, dan emosional. Dengan pendekatan studi kasus fenomenologi kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi yang melibatkan santri kelas akhir di Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran. Temuan menunjukkan bahwa resiliensi memungkinkan santri untuk mengelola tekanan akademik, menavigasi interaksi sosial, dan beradaptasi dengan gaya hidup terstruktur, sehingga mengubah hambatan menjadi peluang untuk pertumbuhan pribadi. Dukungan dari teman sebaya, keluarga, dan pembimbing secara signifikan meningkatkan resiliensi mereka. Strategi kunci meliputi manajemen waktu yang efektif, kesadaran diri, dan pemanfaatan pengalaman individu sebagai sarana pembelajaran. Penelitian ini menegaskan pentingnya membangun resiliensi di lingkungan pesantren untuk mendukung individu yang mandiri, matang secara emosional, dan memiliki landasan spiritual yang kuat.

References

Affandi, M., & Mubarok, A. S. (2022). Resiliensi Mahasiswa Santri Tahfidz ditinjau dari Kecerdasan Spiritual dan Religiusitas. Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 2549–9297. https://doi.org/10.47399/jpi.v9i2.204
Ailul Ilmiati, W., & Al-Akhda Aulia, L. (2024). Peran Regulasi Diri terhadap Resiliensi Santri Tahfidz. Journal Of Social Science Research, 4, 7132–7139.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian pustaka: Resiliensi dalam pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110.
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113
Grove, K. (2018). Resilience. Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781315661407
Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2).
Idris, I., Khairani, A. Z., & Shamsuddin, H. (2019). The influence of resilience on psychological well-being of Malaysian University undergraduates. International Journal of Higher Education, 8(4), 153–163. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n4p153
Kurniawan, Y., & Susilo, M. N. I. B. (2021). Bangkit pascainfeksi: Dinamika resiliensi pada penyintas COVID-19. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(1), 131–156.
Latham, R. M., Newbury, J. B., & Fisher, H. L. (2023). A systematic review of resilience factors for psychosocial outcomes during the transition to adulthood following childhood victimisation. Trauma, Violence, and Abuse, 24(2), 946–965. SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/15248380211048452
Lee, J. H., Nam, S. K., Kim, A. R., Kim, B., Lee, M. Y., & Lee, S. M. (2013). Resilience: A meta-analytic approach. Journal of Counseling and Development, 91(3), 269–279. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.2013.00095.x
Luthfiyah, M., Kutub Hardew, A., Kunci, K., Akademik, R., & Peran, dan. (n.d.). RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP SANTRI YANG MEMILIKI TIGA PERAN. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS
Lohner, M. S., & Aprea, C. (2021). The resilience journal: Exploring the potential of journal interventions to promote resilience in university students. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.702683
Mir’atannisa, I. M., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Kemampuan adaptasi positif melalui resiliensi. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(2), 70–75.
Mukherjee, A., Faisal, Md., & Saha, M. K. (2020). Measuring resilience of urban slum to climate induced disasters: A study on Barishal City Corporation, Bangladesh. International Journal of Disaster Management, 3(2), 34–47. https://doi.org/10.24815/ijdm.v3i2.17815
Octaryani, M., & Baidun, A. (2017). Uji validitas konstruk resiliensi.
Pragholapati, A., & Munawaroh, F. (2020). Resiliensi pada lansia. Jurnal Surya Muda, 2(1), 1–8.
Ruswahyuningsi, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi pada remaja Jawa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP, 1(2), 96–105.
Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 59–76.
Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019, July). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 191–197).
Southwick, S. M., Bonanno, G. A., Masten, A. S., Panter-Brick, C., & Yehuda, R. (2014). Resilience definitions, theory, and challenges: Interdisciplinary perspectives. European Journal of Psychotraumatology, 5. https://doi.org/10.3402/ejpt.v5.25338
Utami, C. T. (2017). Self-efficacy dan resiliensi: Sebuah tinjauan meta-analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65.
Wahyudi, A., & Partini, S. (2018). Factors affecting individual resilience.

Downloads

How to Cite

Islakhul Muttaqin, I. M. (2025). GAMBARAN RESILIENSI SANTRI: STUDI TENTANG FAKTOR KETAHANAN TINGGAL DI PESANTREN. Inspirational Seminar on Psychology and Islamic Reflection, 1(1). https://conferences.uinsaid.ac.id/inspire/paper/view/350