ISLAMIC MINDFULNESS MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI PENERIMA BIDIKMISI YANG MENGALAMI AKADEMIK BURNOUT


Date Published : 22 August 2025

Contributors

Rizki Dwi Febriana

Author

Triyono

Author

Keywords

islamic mindfullness mahasiswa penerima beasiswa academic burnout

Proceeding

Track

General Track

Abstract

Mahasiswa aktivis organisasi penerima bidikmisi sering menghadapi tekanan multidimensi yang mencakup beban akademik, tanggung jawab organisasi, dan keterbatasan ekonomi. Tekanan tersebut berisiko memicu academic burnout seperti kelelahan emosional, penurunan prestasi, & sikap sinisme terhadap aktivitas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pemahaman dan pengaplikasian konsep Islamic Mindfulness dalam kehidupan mahasiswa aktivis organisasi penerima bidikmisi yang mengalami akademik burnout UIN Raden Mas Said Surakarta. Pendekatan kualitatif fenomenologi. Informan penelitian terdiri dari  tiga subjek dengan kriteria mahasiswa penerima bidikmisi, mengalami akademik burnout, mengikuti organisasi, berusia 19 – 25 tahun di UIN Raden Mas Said Surakarta. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi non-partisipan. Analisis data menggunakan teknik analisis fenomenologis dari Moustakas (1994), yang meliputi tahapan epoche (bracketing), horizonalization, clustering of meanings, textural description, structural description, dan synthesis of meanings and essences. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic mindfulness berperan sebagai mekanisme adaptif utama dalam menghadapi tekanan akademik dan kelelahan mental pada mahasiswa aktivis penerima bidikmisi. Nilai-nilai spiritual seperti ibadah yang konsisten, muraqabah (fokus dan kehadiran penuh), pengelolaan emosi melalui kesabaran dan doa, serta penerimaan terhadap kegagalan membentuk strategi coping yang kuat dan bermakna. Kebiasaan reflektif (muhasabah), interaksi sosial yang empatik, dan niat yang ikhlas karena Allah memperkuat motivasi intrinsik dan ketahanan mental mahasiswa. Temuan ini menegaskan bahwa Islamic mindfulness bukan hanya aspek religius, melainkan juga sumber ketangguhan akademik dan keseimbangan hidup yang efektif dalam menghadapi perkuliahan dan tanggung jawab organisasi.

 

References

Ahmad, K., & Rahman, A. (2020). The Role of Islamic Mindfulness in Enhancing Students' Mental Health and Academic Performance in Higher Education Institutions. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(2), 145-161.
Amin, N., & Hidayat, M. (2020). Islamic Mindfulness: A Framework for Managing Stress among University Students. Journal of Islamic Education and Psychology, 8(2), 98-115.
Assa’diy, A. A., & Nahdah, P. A. (2024). "Menguatkan Religiusitas Dalam Menangani Stress Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2020 Uin Malang. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2, 18–23.
Azzahra, S. F., Victoriana, E., & Megarini, M. Y. (2023)."Mindfulness Based Stress Reduction (Mbsr) Terhadap Penurunan Burnout Pada Perawat".JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1).
Baharuddin, B. H., Tumiran, M. A., & Opir, H. (2024). "Stress Management From an Islamic Perspective: a Content Analysis of Recent Literature". Quantum Journal of Social Sciences and Humanities, 5(2), 120–136.
Farid, S., & Malik, A. (2021). Spiritual Coping Strategies for Stress Management in Islamic Contexts. Journal of Religious and Cultural Studies, 5(2), 75-88.
Fauzia, R., & Suryadi, T. (2021). Islamic Mindfulness Practices and Their Impact on Psychological Well-being Among Student Activists. Journal of Religion and Health, 60 (3), 367-380.
Fudhaili, A., Ag, M., & Fatkhi, R. M. (2023). Mindfulness Dalam Hadis-Hadis Mura > Qabah Kitab Riya > D } AL-S } A > LIH } I > N Tesis Diajukan untuk memenuhi salah satu Syarat Memperoleh Gelar Magister dalam Bidang Hadis dan Tradisi Kenabian pada Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta .
Hashim, I., & Khalid, M. (2021). Islamic Spiritual Practices and Stress Management in University Students. _Journal of Religion and Health, 60_(2), 415-430.
Hassan, R., & Karim, M. (2021). The Relationship between Islamic Mindfulness and Academic Performance in University Students. Journal of Islamic Mental Health, 14(3), 220-234.
Hidayat, O., & Fourianalistyawati, E. (2017)."Peranan Mindfulness Terhadap Stres Akademis Pada Mahasiswa Tahun Pertama The Role of Mindfulness to Academic Stress on The First-Year University Students".Jurnal Psikogenesis, 5(1), 52–57.
Ishaq, S. M., Raza, N., Khan, T. A., & Hayat, S. (2024). The Impact Of Mindfulness Practices , Academic Achievement And Stress Management Among University Students. July.
Istighfari, N. U., Fitriyana, N., & Santoso, S. (2023). Dinamika Self-Compassion Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Aktivis Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 280–291.
Jannah, M., Aprilia, E. D., Kumala, I. D., & Khatijatusshalihah, K. (2021). Ketangguhan Akademik Pada Mahasiswa Penerima Bidikmisi. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(2), 232–247.
Jarman Arroisi, & Maulana Dzunnurrain. (2023). Problem Mindfullness Perspektif Worldview Islam. Nukhbatul ’Ulum: Jurnal Bidang Kajian Islam, 9(2), 118–137.
Kabir, M., & Gasim, A. (2024). EPRA International Journal of Research and Development ( IJRD ) An Islamic View On Stress Management : A Comprehensive Literature Review EPRA International Journal of Research and Development ( IJRD ). 7838(July), 41–47.
Kajian, J., Interdisiplinier, I., Amanda, Y., Indonesia, U. P., & Mental, K. (2024). Islamic Mindfulness : Prinsip-Prinsip Islam Dalam. 8(5), 359–363.
Latifah, U., & Surya, A. (2020). Counseling and Islamic Mindfulness among Active Organizational Students. Journal of Islamic Guidance and Counseling, 4(1), 55-67.
Lv, Y. (2023). Kesadaran disposisi yang berhubungan dengan berkurangnya kelelahan akademis di kalangan siswa Muslim selama pandemi COVID-19. 43(2015), 1–7.
Mekarisce, A. A., & Jambi, U. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat Data Validity Check Techniques in Qualitative Research in Public Health. 12(33).
Munazilah, M., & Hasanat, N. U. (2018). Program Mindfulness Based Stress Reduction untuk Menurunkan Kecemasan pada Individu dengan Penyakit Jantung Koroner. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 4(1), 22.
Munif, B., Poeranto, S., & Utami, Y. W. (2019). Effects of Islamic Spiritual Mindfulness on Stress among Nursing Students. Nurse Media Journal of Nursing, 9(1), 69.
Nurfajrin, D., Nasichah, Isnaini, Z., & Ardila, S. (2023). Upaya Penanganan Stres Melalui Kecerdasan Spiritual pada Mahasiswa. At-Taujih : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 24–34.
Rahim, M., & Alif, R. (2019). Mindfulness dalam Perspektif Islam: Implikasinya bagi Mahasiswa Aktivis Organisasi di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 6(1), 25-32.
Ramdani, M. R. (2023). Peran Islamic Mindfulness Dalam Memediasi Pengaruh Job Crafting Terhadap Work.
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. _Journal of Personality and Social Psychology, 57_(6), 1069-1081.
Sabrina, A., & Yusof, M. (2022). The Effectiveness of Islamic Mindfulness on Coping with Burnout in Organizationally Active Students. Journal of Islamic Psychology, 10(1), 55-70.
Supriyanto, A., Imtinana, S., Arikunto, S., & Hartini, S. (2022). “Kondisi Burnout Akademik Pada Siswa Indonesia: Fisik, Mental, Dan Emosional”. Advice : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 32-38.
Tariq, A., & Hanafi, Z. (2022). Developing Resilience through Islamic Mindfulness in Organizationally Active Students. International Journal of Islamic Psychology, 12(4), 312-328.
Wulansari, N., & Affandi, G. R. (2024). Exploring the Impact of Self-Regulation on Role Conflict Among Students. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 6(2), 1–10.
Yunita, M. M., & Lesmana, T. (2019). Hubungan Mindfulness Dan Vigor Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Di Universitas X. Proyeksi, 14(2).
Zain, R., & Putri, N. (2023). Islamic Mindfulness and its Impact on Student Leadership Development. Journal of Islamic Organizational Studies, 11(3), 150-175.

Downloads

How to Cite

Rizki Dwi Febriana, R. D. F., & TRIYONO, T. (2025). ISLAMIC MINDFULNESS MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI PENERIMA BIDIKMISI YANG MENGALAMI AKADEMIK BURNOUT . Inspirational Seminar on Psychology and Islamic Reflection, 1(1). https://conferences.uinsaid.ac.id/inspire/paper/view/349