PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP EFIKASI DIRI MAHASANTRI PENGHAFAL AL-QUR’AN


Date Published : 22 August 2025

Contributors

Nurul Badriyah S.Psi

Peneliti

Keywords

self efficacy peer support mahasantri memorizing qur'an

Proceeding

Track

General Track

License

Copyright (c) 2025 Inspirational Seminar on Psychology and Islamic Reflection

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap efikasi diri pada mahasantri penghafal Al-Qur’an. Responden penelitian ini melibatkan 155 mahasantri penghafal Al-Qur’an dengan rentang usia 18-25 tahun (N=162) dengan pengambilan sampling menggunakan probability sampling yaitu convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah  konstruksi skala efikasi diri berdasarkan teori Bandura yang terdiri dari 12 item yang memiliki reliabilitas alpha cronbach sebesar 0.837 dan konstruksi alat ukur dukungan sosial teman sebaya bedasarkan teori Sarafino yang terdiri dari 12 item dan memiliki reliabilitas alpha cronbach sebesar 0.889. Analisis data menggunakan software IBM SPSS 20. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresei sedehana, hasilnya menunjukkan terdapat korelasi positif yang signifikan dukungan sosial teman sebaya terhadap efikasi diri pada mahasantri penghafal Al-Qur’an dengan nilai R hitung =0.358 (p=0.000). Dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 12.2% terhadap efikasi diri pada mahasantri penghafal Al-Qur’an. Implikasi penelitian ini adalah pengembangan program dukungan teman sebaya pada mahasantri perlu diperhatikan dalam sistem managemen pendidikan tinggi dan pesantren agar tidak terjadi permasalahan efikasi diri pada mahasantri.

 

References

Alfinnas, S. (2018). Membangun Academic Self-Concept Mahasantri Pesantren Nawasea. Education and Human Development Journal, 3 (2), 191–198. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3j2.59
Altermatt, E. (2019). Academic support from peers as a predictor of academic self efficacy among college students. J. Coll. Stud. Retent. Res. Theory Pract., 21, 21–37. https://doi.org/10.1177/1521025116686588
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang: UMM Press.
Bandura. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. W.H Freeman And Company.
Bandura, A. (1994). Self Efficacy. In Encyclopedia of human behavior. Academic Press.
Bandura, A. (1995). Self Efficacy in Changing Societies. Cambridge University Press.
Bandura, A. (2006). Panduan Untuk Menyusun Skala Efikasi Diri.
Chen, W., Huang, M., & Zhao, S. Y. (2020). The Relationship between employment social support and end employment anxiety in newly-graduated college students: A moderated mediation model. Chin. J. Spec. Educ, 5, 84–89.
Fadhilla, R., & Siregar, A. P. (2024). Dampak Lingkungan Pertemanan Toxic Terhadap Kesehatan Mentak Remaja. Invention : Journal Research Snd Educational Studies, 5 (2), 37–48.
Huang, Y. (2023). Examining The Relationship between Peer Support and Foreign Language Emotions in Online Learning: The Mediating Effect of Self Efficacy. ORIGINAL RESEARCH Sec. Educational Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1148472
Juliantini, M. (2020). Efikasi Diri Mahsantri dalam Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qir’an Daarut Tarbiyah Cabang Bogor [UIN Jakarta]. https;//repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50156/1/MUTIARAJULIANTINI-FDK.pdf
Kamalia, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Selfefficacy Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34960
Mualiffah, I. C., & Arjanggi, R. (2021). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri pada santriwati penghafal al-qur’an di ponpes Demak. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 5.
Munawarah, U. (2018). Hubungan Antara Tawadhu dan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Santri. Universitas Islam Indonesia.
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2023). Dampak Efikasi Diri terhadap Proses Proses dan Hasil Belajar Matematika. Journal on Teacher Education, 1 (2), 26–3.
Noor, N. H., & Pihasniwati, P. (2023). Gambaran Efikasi Diri Mahasiswa Santri Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Integratif, 11.
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. In Life Span Development. Penerbit Erlangga.
Sarafino. (1998). Health Psychology: Biopsychological Interaction.
Sarafino, E. P., & Smith. (2013). Health Psychology: Biopsychosocial Interaction (8 th). USA: John Willey & Sons, INC.
Sedgwick, P. (2013). Convenience Sampling. BMJ, 347. https://doi.org/10.1136/bmj.f6304
Shao, Y., & Kang, S. (2022). Hubungan antara hubungan dengan teman sebaya dan keterlibatan belajar di kalangan remaja: Peran mediasi berantai dari efikasi diri dan ketahanan akademis. Front. Psychol, 13:938756.
Spagnolo, A., Gill, K., Cronise, R., Backs, A., Richards, K., & Kamat, V. (2019). Evaluasi akademik pembelajaran daring spesialis sebaya. Psychiatr. Rehabil., J. 42, 132–138.
Yang, J., Yang, Y., Liu, X., Tian, J., Zhu, X., & Miao. (2010). Self-efficacy, social support, and coping strategies of adolescent eartquake survivors in China. Soc. Behav. Personal. Int. J, 38, 1219–1228.
Yuri, N. P., & Yendi, F. M. (2020). The Relationship of Peer Social Support with Academic Self Efficacy. Jurnal Neo Konseling.

Downloads

How to Cite

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP EFIKASI DIRI MAHASANTRI PENGHAFAL AL-QUR’AN. (2025). Inspirational Seminar on Psychology and Islamic Reflection, 1(1). https://conferences.uinsaid.ac.id/inspire/paper/view/348