Ragam Bahasa dan Nilai-Nilai Budaya dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Kartasura: Kajian Sosiolinguistik


Date Published : 7 November 2025

Contributors

Endang Rahmawati

Main Author

Atika Nur Alfiah

Second Author

Aqueela Naval Fathina

Third Author

Keywords

ragam bahasa nilai budaya transaksi jual beli Pasar Kartasura sosiolinguistik

Proceeding

Track

General Track

License

Copyright (c) 2025 International Conference on Cultures & Languages

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami bagaimana ragam bahasa dan nilai-nilai budaya tercermin dalam interaksi jual beli di pasar tradisional, khususnya Pasar Kartasura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ragam bahasa yang digunakan dalam transaksi jual beli dan mengkaji nilai-nilai budaya yang terwujud melalui penggunaan bahasa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi mendalam terhadap penjual dan pembeli di Pasar Kartasura. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif dengan mengacu pada teori sosiolinguistik dan nilai budaya yang menekankan hubungan bahasa dan masyarakat. Hasil analisis menunjukkan ragam bahasa kajian sosiolinguistik meliputi usia, gender, peristiwa tutur, dan campur kode. Selain itu, ragam bahasa yang dipakai mengandung nilai-nilai budaya yang diwujudkan ke dalam sapaan, tingkatan bahasa Jawa, kejujuran, kepercayaan, interaksi dan kelakuan berpola, serta benda sebagai hasil karya manusia yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa ragam bahasa dan nilai-nilai budaya dalam transaksi jual beli di Pasar Kartasura tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai medium pelestarian budaya lokal dan identitas sosial masyarakat.

References

Afif, D., Isnendes, R., & Kurniawan, E. (2024). Analisis Ragam Bahasa Pada Masyarakat Multilingual Di Pasar Prapatan Kabupaten Majalengka: Kajian Sosiolinguistik. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(3), 11–27.
Chaer, A., & Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal Edisi Revisi. Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publisher.
Febriyanti, B. D. (2017). Ragam Bahasa Dalam Aktivitas Jual Beli Pada Pasar Tradisional, Pasar Modern, Dan Daring Ditinjau Dari Kelas Sosial. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2).
Gurning, R. A., Sipayung, W. W., Sinurat, E., & Saragih, Y. S. (2024). Analisis Sosiolinguistik : Perspektif Bahasa Dalam Masyarakat. 4.
Handani, Z. T. (2022). Ragam Bahasa Lisan Penjual dan Pembeli dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Dampit, Kabupaten Malang: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(16), 1–15.
Helki, M. H. A., Yudista, R. Y., & Mubarok, A. M. (2023). Variasi Bahasa Interaksi Dalam Transaksi Jual Beli Pada Wilayah Pasar Pelabuhan Samarinda Kajian Sosiolinguistik. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 11(1), 19–25. https://doi.org/10.31091/sw.v11i1.2184
Kartikasari, E. (2023). Pemakaian kode tutur bahasa Jawa oleh pedagang di pasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(3), 899–910. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i3.712
Logita, E., & Juidah, I. (2022). Variasi Bahasa Pedagang Sebagai Salah Satu Bentuk Keragaman Bahasa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 295–307. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.218
Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan strategi, metode dan tekniknya. Rajawali Press.
Manan, N. (2018). Etika Bahasa Dalam Komunikasi Media Sosial. Jurnal.Upmk.Ac.Id, 4(1), 25–35. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/educater/article/view/223
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. Sage Publications.
Nurhasanah, N. (2020). Analisis Ragam Bahasa Lisan Pada Pedagang Pasar Terapung Siring Sungai Martapura. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Rahardi, K. (2009). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Erlangga.
Rizkyanfi, M. W., & Fitriana, A. K. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Interaksi Komunikasi Jual Beli Di Pasar Tradisional Gegerkalong, Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2020, 60–69.
Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia Teori dan Praktik. Yumma Pressindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Waridah. (2015). Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya. Simbolika, 1(1), 84–92. https://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/53/10
Widiasmoro, E. (2018). Mahir Penelitian Pendidikan Modern (Metode Praktis Penelitian Guru, Dosen dan Mahasiswa Keguruan. Araska.

Downloads

How to Cite

Ragam Bahasa dan Nilai-Nilai Budaya dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Kartasura: Kajian Sosiolinguistik. (2025). International Conference on Cultures & Languages, 3(1), 667-681. https://conferences.uinsaid.ac.id/iccl/paper/view/409