Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif “Make A Match” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Contributors
Ibnu Ruslan
Anwar Huda
Ma’ruf Annas
Khasan Ubaidilah
Keywords
Proceeding
Track
General Track
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif “make a match” dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada kelas IV sebanyak 17 siswa. Penelitian tindakan dilakukan tiga siklus yang masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif “make a match” dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketercapaian ketuntasan minimal mengalami peningkatan. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 7 (41.18%) dari 17 anak. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 10 (58.82%) dari 17 anak. Pada siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 14 (82.35%) dari 17 anak. Sedangkan pada siklus III peserta didik yang tuntas sebanyak 16 (94.12%) dari 17 anak. Tingkat rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai rata-ratanya 54.71, pada siklus I nilai rata-ratanya 68.82, pada siklus II nilai rata-ratanya 75.88, dan siklus III nilai rata-ratanya 86.47.