Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Kelas XI MIPA 2 SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo
Contributors
Rohmah Hidayati
Isti Qomah Dwi Putriani
Abdulloh Hadziq
Keywords
Proceeding
Track
General Track
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo. Pendidikan Agama islam pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam kelas XI MIPA 2 SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjotahun pelajaran 2019/2020 dengan menerapkan pembelajaran problem based learning. Sebelum menerapkan pembelajaran problem based learning hasil belajar ssiwa tergolong rendah, hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa merasa jenuh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan presentase ketuntasan tes tertulis pada setiap siklus. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam pada pra tindakan adalah dari 24 jumlah siswa, didapat siswa tidak mencapai KKM sebanyak 19 (79%) siswa dan hanya 5 (21%) siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 60. Pada siklus kedua dari 24 siswa kelas XI MIPA 2 hanya 10 (42%) siswa yang mencapai nilai KKM dan 14 (58%) siswa belum mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus kedua mengalami peningkatan, yakni dari 24 siswa kelas XI Perhotelan 2, 16 (67%) siswa yang mencapai nilai KKM dan 8 (33%) siswa belum mencapai nilai KKM. Pada siklus ketiga hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2mengalami peningkatan dan mencapai nilai KKM 88 %. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIPA 2 pada siklus III sudah sesuai dengan harapan, maka penelitian dihentikan pada siklus III.