Metode Diskusi Kelompok Secara Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Zakat kelas 9H SMPN 1 Tawangsari


Date Published : 1 October 2021

Contributors

Siti Wahidatun Afrini

Author

Muchammad Burhanudin

Author

Indriyani

Author

Baidi

Author

Keywords

penerapan diskusi kelompok secara daring hasil belajar materi zakat

Proceeding

Track

General Track

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode belajar diskusi kelompok secara daring melalui WA grup dalam meningkatkah hail belajar peserta didik untuk materi zakat.penelitian ini adalah penelitian tindakan kels dengan melalui 3 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 9H SMP N 1 Tawangsari tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dengan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan analisis   data tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan diskusi kelompok secara daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi zakat. Peningkatan itu terlihat dari hasil pra siklus dengan ketuntasan hanya 43,3% lalu menurun pada siklus 1 yaitu 35,5% kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 74,2% lalu pada siklus 3 meningkat menjadi 80,6%. Meskipun metode dikusi adalah metode tradisional tetapi ternyata termasuk dalam metode yang efektif.

References

No References

How to Cite

Siti Wahidatun Afrini, Muchammad Burhanudin, Indriyani, & Baidi. (2021). Metode Diskusi Kelompok Secara Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Zakat kelas 9H SMPN 1 Tawangsari. Conference on Islamic Classroom Action Research, 1(1), 1-8. https://conferences.uinsaid.ac.id/cicar/paper/view/50