Metode Diskusi Kelompok Secara Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Zakat kelas 9H SMPN 1 Tawangsari
Contributors
Siti Wahidatun Afrini
Keywords
Proceeding
Track
General Track
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode belajar diskusi kelompok secara
daring melalui WA grup dalam meningkatkah hail belajar peserta didik untuk materi zakat.penelitian ini adalah
penelitian tindakan kels dengan melalui 3 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 9H SMP N 1
Tawangsari tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes,
observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dengan soal tes dan lembar observasi.
Teknik analisis data dengan analisis data tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan diskusi
kelompok secara daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi zakat. Peningkatan itu terlihat dari
hasil pra siklus dengan ketuntasan hanya 43,3% lalu menurun pada siklus 1 yaitu 35,5% kemudian meningkat
pada siklus 2 menjadi 74,2% lalu pada siklus 3 meningkat menjadi 80,6%. Meskipun metode dikusi adalah
metode tradisional tetapi ternyata termasuk dalam metode yang efektif.