ANALISIS UPAYA UIN RADEN MAS SAID DALAM IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI ERA MODERN


Date Published : 18 November 2022

Contributors

Isna Shofiyani Fathoni

Author

Keywords

UIN Raden Mas Said Moderasi beragama Toleransi

Proceeding

Track

General Track

Abstract

Perguruan tinggi merupakan suatu lembaga yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter bangsa, utamanya bagi mahasiswa. Perguruan tinggi berkedudukan sebagai pusat peradaban masyarakat yang diharapkan mampu  bersinergi serta menjadi pusat aspirasi, inspirasi maupun refleksi sehingga mahasiswa dapat menjadi pribadi yang berintegritas dan bermoral yaitu dengan merealisasikan pendidikan moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai macam upaya yang dijalankan oleh UIN Raden Mas Said Surakarta dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama di era modern. Metode yang digunakan adalah observasi dan studi lliteratur. Penelitian ini menunjukkan bahwasanya di era modern yang semakin marak degradasi moral mendorong manusia untuk dapat bersikap moderat agar terhindar dari sifat ekstrim, radikal dan sekuler. Terdapat empat indikator moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan dan akomodatif pada kebudayaan lokal. Maka perguruan tinggi sangatlah urgen kedudukannya dalam mengupayakan implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada mahasiswa yaitu melalui aktualisasi tiga pilar diantaranya adalah moderasi pemikiran, moderasi gerakan dan moderasi perbuatan. Diantara nilai-nilai moderasi beragama yang diusung oleh UIN Raden Mas Said ialah tawassuth (tengah-tengah), I’tidal (tegak-lurus), tasamuh (toleransi), syura (musyawarah), ishlah (reformasi), qudwah (kepeloporan), muwathanah (cinta tanah air), la ‘unf (anti-kekerasan) dan I’tibar al-‘urf (ramah budaya).

References

No References

Downloads

How to Cite

Isna Shofiyani Fathoni. (2022). ANALISIS UPAYA UIN RADEN MAS SAID DALAM IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI ERA MODERN. International Conference on Cultures & Languages, 1(1), 320-337. https://conferences.uinsaid.ac.id/iccl/paper/view/138